Linus Torvalds lahir pada tanggal 28 Desember 1969 di Helsinki, Finlandia. Dia merupakan anak dari Nils dan Anna Torvalds. Kedua orang tuanya bekerja di bidang jurnalis. Linus pertama kali tertarik dengan komputer disebabkan karena pengaruh dari kakenya. Saat Linus berada di sekolah menengah dia sangat ahli dibidang matematika.

Linus Torvalds mendaftar ke Universitas Helsinki pada tahun 1988 ditempat itulah dia belajar banyak mengenai pengetahuan akan komputer. Setelah membeli PC yang menggunakan Intel 386 CPU, disitulah dia mulai menggunakan Minix, sebuah Operating system Unix yang diciptakan oleh Andrew Tannenbaum yang dapat digunakan sebagai alat mengajar. Linus tidak terkesan dengan sistem pada umumnya, dan khususnya dia menyesalkan atas ketidak mampuannya untuk melakukan emulasi terminal yang dibutuhkan agar dapat terhubung ke komputer universitas. Linus memutuskan untuk membuat program emulasi terminal sendiri yang secara mandiri dari Minix. Dan hal ini merupakan langkah awal menuju penciptaan Linux.

Linus dengan cepat mengembangkan program emulasi terminal dan hal itu cukup untuk kebutuhannya dalam beberapa waktu, Linus mulai berpikir bahwa hal ini akan sangat baik apabila program dapat melakukan hal lainnya seperti melakukan proses transfer dan menyimpan file. Dan hal tersebut yang menjadikan Linux benar-benar lahir.

Pada awalnya Linus ingin menamakan hasil ciptaannya dengan nama “Freax”. Dan kemudian atas saran teman linus, akhirnya nama “Freax” diganti menjadi Linux. Pada bulan Agustus 1991, Linus mengumumkan pada Usenet bahwa dia bekerja untuk operating sistem ini. Dan Linus pertama kali mengupload versi pertama Linux yaitu versi 0.01 pada bulan September 1991.

Pada tahun 1993, Linus mengajar kursus komputer di Universitas Helsinki. Seorang wanita muda di kelas yang bernama Tove Monni mengirimkan email kepada Linus dan menawarkan untuk pergi keluar untuk berkencan. Dan wanita itulah yang saat ini menjadi istri Linus. Tove dan Linus dianugrahi 3 anak perempuan yaitu Patricia, Miranda dan Daniela.

Di akhir tahun 1996 Linus mendapatkan undangan untuk datang ke Calornia tepatnya ke markas besar Transmeta, yang merupakan perusahaan pertama dalam perancangan CPU hemat energy. Linus tertarik dengan pekerjaan yang dilakukan di transmeta dan diawal tahun 1997 dia menerima posisi untuk bekerja di transmeta dan kemudian Linus dan seluruh keluarganya pindah ke California. Selama bekerja di Transmeta, Linus tetap melanjutkan pengembangan Kernel.

Di bulan Juni tahun 2003, Linus meninggalkan Transmeta dan memfokuskan diri dalam pengembangan Kernel Linux dan mulai bekerja di Auspices of the Open Source Development Labs (OSDL), yaitu sebuah Konsorium yang dibangun oleh perusahaan-perusahaan Teknologi besar seperti IBM, Hewlett-Packard, Intel, AMD, RedHat, Novell dan lainnya. Tujuan dari konsorium ini adalahh untuk mempromosikan pengembangan Linux. OSDL bergabung dengan ”Free Standar Group” di bulan januari tahun 2007 untuk ”Linux Foundation”



Sumber : berita.kampoengti.com